Folamil Genio, Folamil, Prolacta for Mother

Lama tak menginformasikan keadaan terbaru si Unyil di dalam perut. Alhamdulillah calon bayi nan mungil itu sudah sangat aktif bergerak di perut ibunya dengan bobot sekitar 1850 gram. Cukuplah untuk usia kandungan 32 minggu. Insya Allah HPL (Hari Perkiraan Lahir; red) tidak ada perubahan di akhir Juni nanti.

Semoga ibu dan bayinya dalam keadaan sehat selalu dan dimudahkan dalam proses persalinan nanti. Tentunya ayahnya juga semoga diberikan kesehatan selalu, kekuatan dan kesabaran mendampingi sang ibu dan calon bayi.

Seminggu lalu jadwal saya kontrol ke dokter kandungan. Saya memilih RS Mitra Keluarga di Margonda yang cukup ternama dan sudah bercabang bahkan beranting :D, alasannya untuk anak pertama ini saya mau meninjau semua fasilitas RS ternama tersebut, dari segi pelayanan, dokter, obat dan tentunya sampai dengan tarif setiap kali datang berobat. Dengan meninjau dari harga ini, saya bisa memiliki standar penilaian untuk rumah sakit yang lain yang mungkin akan saya pergunakan di kehamilan berikutnya ataupun saat memiliki keluhan sakit.

Pada awal kehamilan saya berkonsultasi dengan dr Yuliana Tarully, Bu dokter yang satu ini lemah lembut sekali dan cantik! Suami sepakat tentang ini :). Saya diberikan tambahan nutrisi dari Vomilat tablet dan Osfit DHA. Setelah saya searching sana sini (dan bukan bertanya pada dokter…padahal hak kita utk bertanya pd mereka, jadi manfaatkanlah, jangan kayak saya ya :D) Vomilat ini memiliki kandungan Asam Folat 40 mcg dan vitamin B6 30 mg yang dapat digunakan untuk terapi mual muntah di awal kehamilan dosisnya 1 tablet/hari. Dan saya meminta tambahan kalsium karena memang histori tulang dan gigi dari pihak keluarga saya kurang bagus. Dr Yuliana memberikan tablet Osfit yang mengandung¬†200 mg minyak ikan yang setara dengan 54 mg Docosahexanoic acid (DHA) dan 14 mg Eicosapentaenoic (EPA), kalsium 200 mg, dan 100 IU vitamin D3. So, Bu dokter tidak memberikan tambahan DHA lagi karena sudah tercakup dalam tablet Osfit. Harga Vomilat sekitar Rp 28.000 per kemasan (isi 3 x 10). Dan Osfit DHA sekitar Rp 90.000. Sebenarnya agak lupa harga tepatnya, laporan di atas adalah hasil pencarian melalui berbagai sumber :D.

Kontrol bulan berikutnya saya menjajal dr Sofani Munzilla, Bu dokter yang atraktif dan fashionable. Dr Sofani banyak memberikan wejangan ini itu jadi saya tidak perlu banyak bertanya. Saat diberikan resep, ternyata nutrisinya berubah, dr Sofani menuliskan resep tambahan nutrisi Folamil Genio, Ossoral dan Prolacta for Mother. Folamil Genio ini pengembangan dari tablet Folamil, berbeda hanya pada kandungan DHAnya. Folamil Genio kapsulnya sudah dilengkapi dengan DHA, harganya jauh sekali dengan tablet Folamil yang tanpa DHA, Folamil non-DHA Rp 5000/strip (1 strip = 4 tablet) dan Folamil Genio isi 30 kapsul Rp 113.500. Kemudian tablet Ossoral 800, yang mengandung Ossein hydroxyapatite 800 mg (mengandung kalsium 178 mg dan fosfor 82 mg). Sebenarnya ini dosis yang sudah cukup tinggi. Ossoral saya tebus di apotik rumah sakit dengan harga Rp 148.000. Terakhir saya diberikan Prolacta for Mother, Bu dokter tidak banyak menjelaskan kandungannya, jadi saya banyak bertanya pada beberapa teman yang berprofesi dokter dan bidan. Kandungan Prolacta for Mother ini adalah Natural fish oil providing DHA 214 mg, EPA 20 mg, vit e 10 mg, intinya sih DHA lah ya.. Harganya cukup lumayan sekitar Rp 120.000. Tarif periksa dokter di RS Mitra Keluarga Depok ditambah adminnya Rp 92.500. Jadi silakan dihitung sendiri jumlah total yang harus saya bayarkan sekali kontrol :D.

Di bulan berikutnya, saya kembali kontrol ke RS Mitra, dan saya berganti dokter lagi :D. Hari itu saya menemui dr Afra Tangdialla, dan entah kenapa saya merasa ada chemistry dengan Bu dokter satu ini :). Mungkin karena bawaannya tidak terlalu banyak wejangan namun memberi kesempatan bertanya, saya sangat apresiatif dengan pendekatannya :). Jadi saya putuskan akan meneruskan kontrol berikutnya dengan dr Afra. Nutrisi saya lanjutkan dari resep sebelumnya.

to be continued..

5 Comments to “Folamil Genio, Folamil, Prolacta for Mother”

  1. pertamax :)
    mg sehat2, salam jg dr jagoan kami

  2. tolong share lagi pengalamannya dengan dokter afra ya,,saat ini saya juga sedang berkonsultasi dengan beliau..saya tunggu lanjutan ceritanya…thanks

    • dr Afra oke ko, cukup supportif untuk kelahiran normal. Tp saya akhirnya melahirkan dibantu oleh dr Sofani krn dr Afra cuti hamil. Dia cukup detail menjelaskan dan menjawab sebanyak yg kita perlukan :), so jgn ragu bnyk bertanya sm beliau.. smoga sehat selalu dan lancar jaya saat melahirkan nanti :)

  3. Jd vit yg bagus apa dunk yg hrs dkonsumsi sy jg lg nyari2 yg cocok..satu vit yg merangkap ksemuanya soalnya sy g terlalu sk mnm semacam obat jd kdg mutah lg.maunya yg skali mnm aja.mohon sarannya ya bund

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

