Tahu Nggak Kalau Otak Bisa Senam?

(Sumber: Artikel Retno bintarti “Senam Otak, Mudah Dilakukan, Banyak Kegunaan” dari buku “Memahami Otak “ dari Penerbit Gramedia”)

Tahukah Anda bahwa kebanyakan orang hidup itu menggunakan otak kiri mereka sekitar 80-85% sedangkan sisanya lebih menggunakan otak kanan mereka?
Sebenarnya yang mana yang lebih baik, apakah penggunaan otak kiri ataukah penggunaan dengan otak kanan, serta bagaimana untuk mengaktifkan kedua fungsi otak tersebut dengan menggunakan senam otak? Mari kita lihat ulasannya :
Sebenarnya otak kanan dan otak kiri itu mempunyai fungsi yang berbeda antara 1 dengan yang lainnya. Jika otak kiri itu lebih berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, maka otak kanan itu lebih kepada sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lainnya serta pengendalian emosi.
Namun jika kita kaji lebih jauh lagi jika kedua otak tersebut kita lakukan secara bersamaan maka hasilnya akan jauh lebih baik. “Otak kiri berpikir secara serial, sedangkan otak kanan berpikir secara paralel. Makanya jangan bingung kalau orang yang otak kanan walaupun mejanya berantakan namun mereka selalu ingat dengan pasti dimana letak barang-barang yang dicari serta apa yang saat itu sedang dikerjakan”. Kata Ruswaldi Munir SpKo Ada fakta yang membuktikan bahwa orang otak kanan itu jauh lebih sedikit dibandingkan dengan orang otak kiri, maka ada kecenderungan orang otak kanan yang lebih banyak dicari. Karena orang otak kanan itu lebih kreatif, lebih mudah bergaul, lebih bisa memotivasi diri dan memiliki EQ yang lebih bagus. Maka dari itu disinilah gunanya senam otak ( Brain Gym).
Brain Gym diperkenalkan oleh seorang visiolog kedokteran bernama Roger Sperry pada tahun 1981 dan karena hasil penemuannya ini, ia mendapatkan Hadiah Nobel pada tahun 1981. Dengan menerapkan prinsip-prinsip gerakan pada brain gym terbukti anak –anak yang hiperaktif merasa terbantu.
Pada mulanya senam itu memang hanya dimanfaatkan untuk membantu anak-anak yang bermasalah. Hiperaktif menjadi salah satu target uji coba brain gum, karena anak-anak tersebut sulit dalam berkonsentrasi dan mudah sekali depresi. Namun seiring dengan berjalannya waktu brain gym memiliki banyak sekali kegunaan. Malah ada survey yang membuktikan bahwa tingkat kewaspadaan serta refleks orang lanjut usia yang sudah menghilang bisa dibangkitkan kembali melalui senam otak.

Ternyata senam otak dapat merangsang RAS (reticulo activating system atau pusat kewaspadaan seseorang) bisa disiagakan kembali. Dengan latihan-latihan tertentu RAS yang terdapat pada batang otak dapat disiagakan kembali. Latihan ini antara lain, berupa jalan merangkak dengan gerakan kaki dan tangan menyilang.
Berbeda dengan di Indonesia dimana senam otak merupakan hal yagn baru, di Amerika dan Eropa brain gym sudah sangat populer dan terbukti kegunaannya. Lagipula senam itu latihannya cukup sederhana.
Pada prinsipnya senam otak ini adalah dengan melakukan gerakan-gerakan yang menyilang secara teratur untuk beberapa waktu, harmonisasi antara otak kanan dan otak kiri diharapkan dapat terjadi. Pada usia produktif senam ini akan lebih mengaktifkan otak kiri dan otak kanan secara lebih optimal. Namun bagi anda yang usianya bukan termasuk usia produktif, bahwa senam otak ini tidak ada batasan usianya, mulai dari anak yang berusia dibawah 5 tahun sampai mereka yang berusia lanjut.
Senam otak ini banyak sekali manfaatnya, baik untuk anak yang hiperaktif yang sebelumnya tidak memperdulikan perintah berubah menjadi lebih kooperatif. Selain itu dapat juga mengoptimalkan anak yang kemampuan matematika kurang, begitu juga dengan pemahaman membaca yang kurang akan lebih lancar dalam membaca namun dia tidak bisa mempersepsikan apa yang dibaca.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: